Tips Menjaga Kesehatan saat Hamil 5 Minggu

Saat memasuki usia kehamilan 5 minggu, ukuran janin si Kecil kira-kira sebesar biji wijen. Memasuki tahapan ini, sel janin sudah berkembang menjadi banyak. Beberapa sel berkembang menjadi tabung-tabung saraf yang akan membentuk organ otak. Bagian tengah tonjolan dalam embrio berkembang menjadi organ jantung. Membran dan ari-ari juga akan mulai terbentuk dan berkembang. Nutrisi yang Moms dapatkan dari makanan akan disalurkan kepada si Kecil melalui membran dan ari-ari.

Perubahan pada Tubuh Moms Saat Kehamilan 5 Minggu

Pada  saat hamil 5 minggu, produksi hormon meningkat drastis. Ini membuat emosi Moms tidak stabil. Perubahan emosi ini terjadi sepanjang kehamilan hingga melahirkan. Bahkan, 10-12% ibu hamil sering mengalami depresi saat hamil.

Jika Moms merasa tertekan hingga lebih dari dua minggu, segera temui dokter kandungan Moms. Moms akan diberi saran dan penanganan tepat agar Moms bisa mengendalikan diri dengan baik selama menjalani kehamilan.

Sementara itu, untuk menjaga agar Moms tetap bugar, Moms harus tetap berolahraga. Ini alasannya.

Alasan Moms yang Hamil 5 Minggu Harus Tetap Berolahraga

Dengan berolahraga, Moms dapat lebih mudah mengontrol berat badan agar tidak naik berlebihan selama hamil 5 minggu. Olahraga juga bisa mencegah nyeri, sakit, gelisah, stres, dan depresi selama kehamilan. Ibu hamil boleh melakukan olahraga ringan hingga sedang seperti berjalan kaki, yoga, dan berenang.

Cara Menjaga Kesehatan Moms yang sedang Hamil 5 Minggu

Selama masa kehamilan, umumnya daya tahan tubuh Moms menjadi lemah. Moms menjadi rentan terkena infeksi dan penyakit. Maka dari itulah, Moms perlu mengetahui penyebab-penyebab infeksi dan penyakit salah satunya makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil.

Penyakit bawaan seperti toxoplasmosis dan listeriosis disebabkan karena makanan. Kedua penyakit tersebut dapat mengakibatkan keguguran dan cacat lahir. Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, saat Moms hamil 5 minggu, Moms harus mengetahui jenis makanan yang berisiko membawa penyakit.

Salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit bawaan toxoplasmosis dan listeriosis adalah keju, jus, dan susu yang masih belum melewati proses pasterurisasi. Moms dilarang mengonsumsi keju jenis fresh cheese, brie, goat, blue cheese, dan camembert selama hamil.

Moms tidak boleh mengonsumsi telur mentah, daging mentah, daging setengah matang, daging olahan dari sosis, daging dari tempat jagal, kerang, dan ikan. Banyak ikan mengandung merkuri tinggi karena tempat hidupnya sudah terkontaminasi limbah merkuri. Jika dikonsumsi, makanan-makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan Moms yang sedang hamil 5 minggu dan si Kecil.

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Posisi Bayi Sungsang
Sendawa Itu Penting! Ini Alasan Pentingnya dan Cara Membuat Si Kecil Bersendawa
thumb_6707
Tips Menyimpan ASIP: Botol atau Kantong?