Olahan Pisang untuk MPASI Si Kecil

Memberi makanan pada bayi ketika usianya sudah mencukup adalah salah satu langkah paling penting dan menyenangkan bagi setiap orang tua dan bayi. Pisang adalah jenis buah yang seringkali direkomendasikan oleh ahli kesehatan sebagai menu MPASI pertama bagi si Kecil, sebab buah ini mudah untuk dicerna dan memiliki tekstur yang lembut. Inilah beberapa alasan dan cara mengolah pisang bagi MPASI sebagai makanan pertama bayi.

Alasan Kenapa Pisang Menjadi Buah Paling Sehat untuk Si Kecil

Sudah lama, pisang dianggap sebagai buah yang membawa banyak kenikmatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi ketika diet, mampu membantu kita untuk menelan obat atau pil, dan berbagai hal lainnya. Ahli gizi dari Amerika Serikat yakni Laura Flores mengungkapkan bahwa pisang kaya akan pektin dan kalium, jenis serat yang sangat baik untuk tubuh.

Tidak hanya orang dewasa saja, namun pisang juga mampu memberi manfaat bagi si Kecil. Berikut ini adalah alasan mengapa pisang sangat berguna untuk perkembangan bayi:

  • Pisang Memiliki Nutrisi yang Bagus

Manfaat pertama yang dapat diraih ketika memberi pisang pada si Kecil yaitu mampu memenuhi kebutuhan bayi yang sangat banyak. Ketika masih berusia 6 bulanan, si Kecil tentunya akan tumbuh dan berkembang dengan cepat dan harus diberi nutrisi tambahan agar tubuhnya bisa segera terbentuk dengan lebih sempurna.

Pisang mampu memenuhi hal tersebut sebab buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak dan bagus untuk tubuh bayi. Sebut saja kalsium, magnesium, seng, vitamin B6, dan beberapa nutrisi yang lain.

  • Bayi Mampu Mengolah Daging Pisang

Tidak hanya lezat saja, namun pisang juga memiliki daging yang sangat lembut dan tidak terlalu keras seperti buah-buahan lainnya. Teksturnya sangat ampuh untuk diberikan pada bayi yang masih belum bisa mengolah makanan padat lainnya. Dengan begitu, si Kecil akan menjadi lebih terbiasa ketika ingin dikenalkan dengan makanan lain yang juga lebih padat daripada pisang.

  • Menyembuhkan Sembelit

Seperti yang sudah diungkapkan oleh banyak ahli kesehatan, pisang memang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk membantu organ pencernaan si Kecil terutama ususnya bekerja dengan lebih optimal lagi. Karena itulah, mengkonsumsi pisang dapat membantu si Kecil terhindar dari bahaya sembelit.

  • Menguatkan Tulang

Selain serat, pisang juga memiliki kandungan kalsium dan potasium yang lumayan banyak. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang si Kecil agar bisa menjadi lebih kuat dan kokoh, sehingga ketika Moms memberi pisang pada si Kecil maka kemungkinan besar mereka akan tumbuh menjadi anak dengan tulang yang sehat.

Waktu yang Tepat Memberi Pisang pada Si Kecil

Meskipun menyajikan begitu banyak manfaat pada anak-anak, namun pisang tidak bisa diberikan secara sembarangan pada anak kecil. Tidak hanya itu, pisang yang harus diberikan pada si Kecil juga harus pisang yang sudah matang dan bukan yang mentah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak Food Science & Technology Research pada tahun 2009 menyatakan bahwa pisang yang matang dan memiliki bintik gelap pada kulitnya mampu meningkatkan kekuatan sel darah putih. Karena itu, Moms harus memberi si Kecil pisang matang yang sudah diolah terlebih dahulu dan harus memberikannya ketika si Kecil memang sudah siap. Pada umumnya, bayi yang sudah menunjukkan tanda-tanda siap MPASI sudah bisa dikenalkan dengan potongan buah pisang ketika berusia sekitar 6 bulan lebih.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Pisang pada Bayi

Pisang memberi banyak manfaat tidak hanya bagi si Kecil, namun ibu pun juga bisa merasakan manfaatnya. Bagaimana tidak, pisang memang termasuk buah yang mudah untuk diolah dan tidak memerlukan waktu terlalu lama untuk memasaknya. Akan tetapi, Moms juga harus mengolahnya dengan penuh hati-hati terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika ingin memberi pisang pada si Kecil:

  • Hancurkan Daging Pisang Hingga Lembut

Pastikan Moms sudah menghancurkan atau melembutkan daging pisang ketika si Kecil baru pertama kali memakan MPASI. Hal ini penting untuk dilakukan agar si Kecil tidak tersedak ketika memakan pisang.

  • Hindari Pisang Kulit Hijau

Jangan memberi si Kecil pisang yang masih mentah dan kulitnya berwarna hijau, sebab dagingnya kemungkinan besar masih sangat keras dan tidak bisa ditelan dengan baik oleh anak kecil. Penelitian yang dilakukan oleh Ilmu Kedokteran Prilozi menyatakan pisang mentah bisa menyebabkan masalah pencernaan pada organ tubuh manusia, sehingga lebih baik gunakanlah pisang yang sudah berkulit kuning.

Adakah Efek Samping yang Ditimbulkan Pisang untuk Bayi?

Mungkin masih banyak yang meragukan keaslian buah pisang ini untuk dikonsumsi oleh bayi. Sebenarnya, risiko terjadinya efek samping akibat pisang cenderung sangat kecil dan sangat jarang terjadi kasus seperti itu. Akan tetapi, hal itu tentu saja berbeda-beda sebab setiap bayi memiliki sistem tubuh yang bervariasi.

Agar si Kecil tidak mengalami gangguan tertentu, maka berikanlah si Kecil olahan pisang dalam porsi yang seimbang dan tidak berlebihan. Sebab, memberi pisang secara berlebihan juga akan membuat organ pencernaan si Kecil bekerja terlalu lancar dan membuat mereka buang air besar terlalu sering.

Resep Olahan Pisang untuk MPASI yang Lezat

Bagi Moms yang ingin mengolah pisang namun masih belum tahu caranya, maka tidak usah khawatir dan simaklah beberapa resep yang ada di bawah ini:

 

Baby Banana Pancake

Bahan:

  • Satu butir telur
  • Minyak atau mentega untuk menggoreng
  • Satu buah pisang matang
  • Seperempat cangkir rolled oat

Cara membuat:

  • Pertama-tama, haluskanlah pisang terlebih dahulu lalu campur bersama telur ke dalam mangkuk. Aduk memakai garpu lalu tambahkanlah oat
  • Olesi wajah menggunakan minyak atau mentega, lalu panaskan menggunakan api kecil.
  • Tuangkan satu setengah sendok campuran panekuk tadi pada wajan.
  • Ulangi proses di atas dan buat panekuk sesuai dengan keinginan.
  • Goreng selama kurang lebih 2 menit hingga semua sisi warnanya berubah menjadi cokelat keemasan.
  • Angkat panekuk tadi lalu sajikan pada si Kecil.

Biskuit Apel dan Pisang 

Bahan:

  • 2 sdm sirup maple tanpa gula
  • Setengah buah pisang matang yang dihaluskan
  • 3 per 4 cangkir oats
  • Seperempat cangkir tepung terigu
  • 40 gram mentega

Cara membuat:

  • Campur tepung dan oats pada mangkuk.
  • Tambahkan bahan-bahan lain ke dalam mangkuk, lalu satukan dengan tangan.
  • Gulung adonan menjadi bola berukuran kecil, lalu taruh pada loyang pemanggang. Tekan adonan agar bentuknya menjadi pipih.
  • Panggang adonan tersebut selama 15 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

Pisang dapat menjadi buah yang paling berguna untuk bayi sebagai camilan, ataupun sebagai makanan untuk memenuhi rasa laparnya. Belilah pisang matang yang terjamin kualitasnya sehingga si Kecil tidak merasa kesulitan saat menelannya.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019