4 Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, seorang ibu harus benar-benar memperhatikan kesehatannya. Terlebih jika sampai batuk, agar tidak menimbulkan efek lanjutan, kenali beberapa rekomendasi obat alami dan cara mengatasi serta pencegahannya.

 

Rekomendasi Obat Batuk  Alami untuk Ibu Hamil

  • Perasan Lemon dan Jeruk Nipis

Rekomendasi obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil adalah lemon dan jeruk nipis. Kandungan vitamin C memiliki sifat antibakteri yang bisa memaksimalkan kadar basa dalam tubuh. Sifatnya yang alami tentu tidak memberikan efek samping dibandingkan dengan obat racikan.  Namun, dalam pemakaiannya juga harus sesuai takaran dan tidak melebihi kebutuhan.

  • Daun Sirih

Jika Anda tidak suka dengan rasa masam dari lemon dan jeruk nipis, bisa kemudian menggantinya dengan air rebusan daun sirih. Khasiat yang diberikan juga hampir sama, gatal-gatal ditenggorokan akan hilang dengan konsumsi yang rutin. Minum setidaknya satu gelas sampai dua gelas sehari, tidak ada efek samping selama penggunaannya, sehingga sangat aman untuk ibu hamil dan juga janinnya.

  • Jahe

Rasa pedas dan hangat yang diberikan pada rebusan air jahe, memberikan efek yang baik untuk melegakan gatal di tenggorokan dan menghilangkan batuk. Karena tidak memiliki efek samping dalam pengonsumsiannya, direkomendasikan juga untuk ibu hamil. Buat air rebusan sebanyak dua gelas ditambah 2 ruas jahe, minum hingga gejala mereda. Bisa juga dicampur teh untuk memperkaya rasa.

  • Kunyit

Rekomendasi tumbuhan jenis Rizhoma  selain jahe, kunyit juga bisa dijadikan solusi terbaik dan aman untuk meredakan batuk pada ibu hamil. Aturan konsumsinya juga tidak mengikat, semakin rutin diminum maka penyembuhan juga semakin cepat. Pembuatannya bisa ditambahkan madu, garam, sebagai tambahan untuk memperkaya rasa, sehingga enak dikonsumsi.

 

Efek Batuk Pada Ibu Hamil

  • Sakit Kepala

Saat ibu hamil mengalami batuk terdapat beberapa reaksi tubuh yang mengikutinya.  Sakit kepala adalah salah satu efek yang muncul bersama dengan kondisi tersebut. Hal ini disebabkan karena lendir yang tersumbat di bagian atas hidung menjadikannya tertahan dan menekan bagian kepala. Untuk itu diperlukan istirahat dan penangan agar bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman.

  • Lelah

Selain sakit kepala, biasanya juga timbul gejala lain seperti mudah lelah. Pada kondisi batuk seorang ibu hamil akan mudah merasa pusing dan juga letih lesu. Karena kinerja tubuh yang berlebih ditambah dengan kondisi hamil tentu memicu keadaan ini terjadi. Mengkonsumsi obat alami adalah solusi pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

  • Pegal dan Nyeri otot

Batuk yang berlangsung secara terus menerus pada ibu hamil akan menimbulkan rasa nyeri dan pegal pada otot. Tubuh yang lelah karena kontraksi dari batuk yang terjadi akan membuat badan terasa berat. Dimana ini juga berhubungan dengan munculnya keadaan cepat lelah. Terkadang juga diikuti kram pada kaki dan juga tangan.

  • Mual

Biasanya ibu hamil lebih sering mengalami batuk kering, dengan kondisi ini mengakibatkan tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Sehingga muncul rasa mual yang berujung muntah. Gejala ini sebenarnya juga menjadi bawaan saat kehamilan yang masih berusia muda, namun juga muncul sebagai efek dari batuk.

 

Langkah Penyembuhan  Batuk Pada Ibu  Hamil

Karena masa kehamilan juga berpengaruh terhadap kesehatan dari janin di dalam kandungan, tentunya melakukan langkah penyembuhan lebih awal sangat disarankan. Beberapa kegiatan dibawah ini bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya.

  • Mandi Menggunakan Air panas

Jika merasakan gejala batuk saat sedang masa kehamilan, mengkonsumsi obat alami saja tidak cukup. Mandi dengan air hangat merupakan kegiatan yang bisa dilakukan sebagai langkah penyembuhan. Uap dari air panas dapat memberikan rasa lega pada nafas yang terasa sesak karena lendir di tenggorokan. Selain itu juga bisa merilekskan otot tegang yang mengakibatkan rasa pegal di tubuh.

  • Berkumur Air Garam

Batuk biasanya diakibatkan oleh bakteri dalam mulut yang menginfeksi saluran pernafasan, sehingga berkumur dengan garam bisa jadi rekomendasi penyembuhan. Kandungan antibakteri yang ada di dalamnya dapat meringankan gejala radang pada bagian tenggorokan dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkannya.

  • Meninggikan Bantal Tidur

Cara penyembuhan lain yang bisa dilakukan adalah dengan memposisikan tumpukan bantal tidur lebih tinggi. Pada posisi tersebut bermanfaat untuk mencegah dahak yang mengalir ketika tidur, ini juga meminimalisir kemungkinan iritasi pada dinding dari tenggorokan.

  • Mengoleskan Balsem atau Minyak Gosok

Balsem dan atau minyak gosok akan memberikan efek hangat pada bagian yang diolesi. Agar rasa gatal dan tidak nyaman pada tenggorokan berkurang langkah ini juga bisa diterapkan pada bagian yang dimaksudkan. Berikan sedikit olesan juga di bagian bawah hidung untuk mengurangi efek tersumbat yang mungkin juga  terjadi.

 

Makanan untuk Menguatkan Sistem Imun pada Ibu Hamil Saat Batuk

  1. Telur

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam setiap sajian olahan telur menjadi asupan nutrisi yang baik untuk imunitas ibu hamil terutama saat sedang batuk. Kandungan lemak omega-3, zinc, selenium, dan juga zat besinya bisa membantu tubuh untuk recovery lebih cepat. Namun, aturan konsumsi disarankan harus dalam kematangan yang baik, sehingga terhindar dari kontaminasi bakteri jahat salmonella.

  1. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih sangat baik untuk imunitas pada tubuh ibu hamil. Kandungannya juga memberikan khasiat penurunan risiko preeclampsia. Kandungan sulfuric yang alami bermanfaat untuk peningkatan kekebalan tubuh. Antivirus dan juga antibakteri bersifat alami baik juga untuk kesehatan dan daya kembang janin dalam kandungan.

  1. Sup Ayam

Sup ayam dengan kuah hangatnya akan memberikan rasa rileks bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya. Tentunya ini sangat baik untuk membantu penyembuhan dan juga menambah sistem kekebalan tubuh. Kandungan fosfor, magnesium, hingga sulfur menjadi bagian utama penghasil mineral yang mencegah dehidrasi. Antiflamasi dalam kandungan asam aminonya membantu mencegah peradangan dan infeksi.

  1. Daging merah

Saat batuk menyerang, sudah tentu daya tahan tubuh ibu hamil mengalami penurunan. Untuk mengembalikannya agar segera pulih, mengkonsumsi daging merah sangat dianjurkan. Nutrisi serta zat besinya memberikan kekebalan terhadap infeksi virus. Namun, pengolahannya juga harus benar-benar matang agar betul-betul memberikan khasiat baik bagi tubuh.

 

Cara mencegah Batuk Pada Wanita yang Sedang Hamil

Gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko terserang batuk, terutama pada ibu hamil. Berikut adalah rekomendasi pencegahan yang bisa diterapkan.

  1. Istirahat yang cukup
  2. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga makanan yang bergizi.
  3. Konsumsi yang cukup untuk air putih
  4. Jaga kebersihan
  5. Hindari orang yang sedang batuk atau pilek

 

Itulah beberapa rekomendasi obat alami serta berbagai langkah untuk mengatasi serta mencegah batuk pada ibu hamil.  Daftar makan sehat serta pola hidup sehat yang sesuai bisa diterapkan untuk pencegahannya. Hindari konsumsi obat racikan, karena memberi efek samping terhadap kesehatan janin.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019