FAQs

Welcome to Dr. Brown’s Frequently Asked Questions. 

Pertanyaan dan jawaban dibawah ini telah disediakan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan produk Dr.Brown's.

Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions

Bottles & Accessories

Keunggulan dari Botol Dr.Brown's

Apakah Botol Dr. Brown's benar-benar bekerja?

Ya tentu. Botol susu bayi Dr. Brown's memiliki fitur Internal Vent System yang tidak ditemukan pada botol susu lain. Botol susu Dr. Brown's dilengkapi dengan pengatur jalur udara dan cairan untuk memberikan pengalaman menyusui seperti breastfeeding. Kami menyebutnya sebagai aliran dengan positive-pressure flow, menyerupai menyusui secara langsung, sehingga bayi dapat mengatur ritme minum sendiri. Ketika bayi minum susu, udara akan disalurkan melalui leher botol (bukan dari nipple/ dot) dilanjutkan ke vent system, hingga ke bagian bawah botol. Udara tidak tercampur dengan cairan susu, sehingga mengurangi oksidasi dari nutrisi. Faktanya, sebuah universitas melakukan penelitian menetapkan bahwa botol susu Dr. Brown's membantu untuk mempertahankan kadar dari nutrisi seperti vitamin C, A, dan E.

Apakah perbedaan dari botol susu Standard and Wide-Neck?

Seluruh rangkaian botol susu Dr.Brown's memiliki benefit dari internal vent system. Banyak Ibu yang masih menyusui langsung menyukai botol susu Wide-Neck karena memiliki ukuran dasar nipple yang lebih lebar, secara efektif mengurangi resiko bingung puting bayi. Botol Standard Neck digunakan dengan nipple standard, yang memiliki ukuran lebih kecil. Botol Standard Neck dan Wide-Neck memiliki ukuran 4oz dan 8 oz; khusus untuk botol Standard Neck juga hadir dalam ukuran 2oz yang ideal untuk bayi premature.

Mengapa lebih baik untuk mencegah keadaan vacuum terjadi di dalam botol?

Terdapat dua masalah yang biasanya dikaitkan dengan botol susu bayi: air dan vakum. Udara yang tertelan oleh bayi dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sulit tidur di malam hari, masuk angin, muntah, dan gejala lainnya dikaitkan dengan kolik. Keadaan vakum di dalam botol dapat mendorong udara ke telinga tengah bayi dan mendorong cairan. Botol susu tanpa pengatur jalur udara cenderung membentuk ruang vacum, sehingga menghasilkan nipple kempis. Saat minum susu, bayi meletakan bibir pada nipple (dot), namun saat keadaan vakum mulai terbentuk bayi menelan udara. Udara memasuki botol melalui rongga yang terdapat di nipple (dot) dan tercampur dengan ASI atau susu formula.

Apakah terdapat sedotan pada botol susu Dr. Brown's?

Tidak, pipa yang terdapat di dalam botol bukan sedotan. Pipa itu merupakan reservoir tube dan merupakan bagian dari internal vent system yang akan mengatur jalur udara agar terpisah dari ASI atau susu formula.

Cara Penggunaan dan Cara Membersihkan

Apakah Botol Dr. Brown's benar-benar bekerja?

Ya tentu. Botol susu bayi Dr. Brown's memiliki fitur internal vent sistem yang tidak ditemukan pada botol susu lain. Botol susu Dr.Brown's dilengkapi dengan pengatur jalur udara dan cairan untuk memberikan pengalaman menyusui seperti breastfeeding. Kami menyebutnya sebagai aliran dengan positive-pressure flow, menyerupai menyusui secara langsung, sehingga bayi dapat mengatur ritme minum sendiri. Ketika bayi minum susu, udara akan disalurkan melalui leher botol (bukan dari nipple/ dot) dilanjutkan ke vent system, hingga ke bagian belakang botol. Udara tidak ada tercampur dengan cairan susu, sehingga mengurangi oksidasi dari nutrisi. Faktanya, sebuah universitas melakukan penelitian menetapkan bahwa botol susu Dr. Brown's membantu untuk mempertahankan kadar dari nutrisi seperti vitamin C, A, dan E.

Kapan saya perlu mengganti Nipple Dr. Brown's ke level selanjutnya?

Dr.Brown's menghadirkan serangkaian nipple (dot) botol yang secara khusus didesain untuk disesuaikan dengan umur dan kebiasaan menyusui si kecil. Rangkaian nipple mencakup : Premie Flow: untuk bayi prematur. Level Dua: untuk bayi berusia 3 bulan keatas + Level Tiga untuk bayi berusia 6 bulan keatas + level 4 untuk bayi yang makan dengan agresif dan Y-cut untuk aliran yang lebih cepat atau untuk mengalirkan cairan yang lebih kental. Level nipple dimulai dari premie nipple yang membatasi aliran cairan ke mulut bayi yang kecil hingga nipple Y-Cut yang memiliki jalur cairan berbentuk Y yang mengalirkan cairan lebih banyak, anda dapat menyesuaikan level nipple sesuai dengan kebutuhan bayi anda. Tabel penggunaan nipple yang tertera pada kemasan berfungsi sebagai panduan penggunaan nipple secara umum. Perhatikan kebiasaan si kecil saat menyusui/ minum. Contoh: Jika saat menyusui bayi berusia 3 bulan ia terlihat tidak merasa cukup minum, tingkatkan nipple dari level satu ke level 2. Sesuaikan pilihan nipple (dot) dengan kemampuan si kecil menelan, bukan hanya dari usia bayi.

Apakah saya dapat menggunakan Nipple Dr. Brown's pada botol merk lain?

Nipple Dr.Brown's terbuat dari silicone kualitas tinggi dengan tekstur super lembut, secara khusus didesain untuk botol susu Dr. Brown's dan tidak disarankan untuk digunakan di botol susu lain. Apabila nipple (dot) Dr.Brown's digunakan dibotol non-vented, dapat menimbulkan kesulitan dalam menyusui.

Apa yang dapat saya lakukan jika saya kehilangan salah satu part dari vent?

Parts pengganti telah tersedia di toko-toko perlengkapan bayi disekitar anda. Parts juga telah tersedia di Dr.Brown's Official Store pada e-commerce channel. Jika anda merasa kesulitan dalam menemukan replacement parts yang dibutuhkan anda dapat menghubungi bagian Customer Service dari Dr. Brown's Indonesia di email customercare@drbrowns.id.

Dapatkah saya menggunakan Botol Dr. Brown's tanpa vent system?

Vent merupakan bagian yang penting pada sistem kerja botol susu Dr.Brown's dan vent dibutuhkan untuk mencegah timbulnya ruang vakum yang biasanya ditemukan di botol susu lain, serta memberikan pengalaman menyusui se-nyaman breastfeeding. Apabila Anda menggunakan Botol option, Anda dapat melepaskan Internal Vent System (disarankan saat si kecil berusia 6 bulan / sudah dapat mengatur ritme menyusui)

Apakah botol dapat digunakan untuk menghangatkan susu formula di microwave?

Kami tidak merekomendasikan penghangatan susu menggunakan oven, karena microwave oven tidak dapat menghangatkan susu secara merata.

Apakah botol dan komponen Dr. Brown's aman dibersihkan di dishwasher?

Ya, botol dan parts botol Dr.Brown's dapat dibersihkan di dishwasher. Letakan botol beserta parts di rak paling atas dishwasher. Untuk menjaga kebersihan perlengkapan bayi, Dr. Brown's juga menyediakan Electric Sterilizer, dan drying rack.

Apakah saya dapat mensterilisasi Botol Dr. Brown's?

Ya, Anda dapat meletakan botol beserta parts di mesin sterilizer. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang tertera pada petunjuk penggunaan di kemasan botol Dr.Brown's. Dr.Brown's juga menghadirkan Microwave Steam Sterilizer Bag yang secara khusus di desain untuk mensterilisasi botol susu bayi Anda disaat berpergian.

Bagaimana cara saya membersihkan botol yang sudah menguning?

Terdapat beberapa faktor penyebab botol menjadi menguning. Kontak dengan bahan susu formula, makanan dan cairan pembersih yang mengandung pewarna dapat menyebabkan perubahan pada warna botol. Perebusan botol dan pembersihan melalui dishwasher juga dapat mengakibatkan botol menguning. Keadaan botol yang menguning tidak mengganggu cara kerja botol secara langsung, namun saat botol mulai menguning disarankan untuk segera mengganti botol.

Baking Soda - dapat menjadi solusi untuk membersihkan noda jus pada botol susu. Campurkan baking soda dan air hangat di dalam botol dan sikat botol. Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kurang sedap dari sisa susu. Isi botol dengan air hangat dan tambahkan satu sendok teh baking soda, lalu kocok dan diamkan selama semalam.

Mengidentifikasi kebocoran

Botol susu Dr.Brown's dilengkapi dengan Internal Vent System yang memberikan aliran susu yang alami menyerupai dengan menyusui secara langsung. Hal ini membuat bayi minum susu dengan nyaman, karena bayi tidak perlu menghisap susu yang tercampur dengan udara. Dalam beberapa kondisi, ASIP atau cairan dapat keluar melalui vent. Apabila cairan terlalu panas, tercipta tekanan didalam botol yang mendorong cairan ke vent dan mengakibatkan botol menjadi bocor. Selain itu, gerakan mencampur susu secara vertikal / berlebihan juga tidak disarankan karena cairan dapat masuk ke vent system. Saat cairan masuk ke vent system, cairan akan keluar di sekitar collar / leher botol. Apabila Anda memanaskan susu dengan leher botol yang dipasang dengan kencang, tekanan panas akan mendorong cairan ke vent. Longgarkan collar / leher botol satu setengah putaran selama proses menghangatkan untuk menstabilkan tekanan. Kencangkan kembali collar / leher botol sebelum botol diberikan kepada bayi. Apabila Anda mencampur susu formula dengan gerakan vertikal (kocok), carian dapat memasuki vent. Solusinya adalah mencampurkan susu formula dengan sendok. Apabila cairan di dalam botol terlalu panas, uap panas akan terdorong ke leher botol. Hal ini dapat dicegah dengan menghindari memanaskan cairan yang memiliki suhu melebihi suhu tubuh.

Tentang bahan produk kami

Apa bahan pembuat botol Dr.Brown's?

Botol Dr. Brown's terbuat dari plastik Polypropylene BPA-free, sedangkan botol kaca terbuat dari Kaca Borosilicate BPA-free. Seluruh komponen dari botol Dr. Brown's, termasuk vent insert, vent reservoir, travel disk, leher botol, dan tutup juga terbuat dari Polypropylene BPA-free. Nipple kami terbuat dari medical grade silicone kualitas tinggi.

Dimana botol Dr. Brown's diciptakan?

Sebagian besar botol Dr. Brown's diproduksi dan dikemas di Amerika, sebagian kecil dari produk Dr. Brown's di produksi di Cina dengan penetapan standard yang sama dengan pabrik di Amerika. Dr. Brown's berkomitmen untuk menjaga kualitas produk dan mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika.

Bahan-bahan Dr. Brown's Baby Care

Apa saja yang terkandung dalam Dr. Brown's Baby Care?

Ketahui lebih banyak mengenai kandungan di dalam Dr. Brown's Baby Care.

Breastfeeding Accessories

Breast Pumps

Mengapa saya tidak merasakan hisapan yang kencang?

Dr. Brown's Breastpump memiliki cara kerja yang berbeda dengan breastpump lain. Dr. Brown's breastpump bekerja dengan teknologi terobosan baru berupa compression yang menekan payudara dengan lembut di area putting dan aerolla. Teknologi ini memberikan pengalaman menyusui yang sangat nyaman tanpa rasa sakit.

Bagaimana cara merasakan teknologi compression sedang bekerja?

Dr. Brown's breast pumps merupakan hasil dari penelitian dan studi klinis selama bertahun-tahun. Dr. Brown's meneliti kebiasaan menyusui bayi baru lahir (neo natal), pola menghisap dan menelan hingga proses keluarnya ASI. Kami menggabungkan hasil penelitian dan informasi yang diperoleh dari literatur, sehingga menghasilkan breastcup baru yang sangat nyaman bagi ibu. Bentuk breastcup pada breast pump Dr. Brown's tidak terbuat dari plastik dengan bentuk cone, melainkan berbentuk datar dengan bentuk datar untuk menyerupai tekanan bayi minum ASI. Kami juga melakukan penelitian tambahan dengan melakukan tes kepada senjumlah Ibu untuk menyempurnakan desain dan teknologi breastpump Dr. Brown's.

Bagaimana cara mendapatkan parts pengganti?

Untuk parts pengganti yang dibutuhkan anda dapat menghubungi customer care kami.

Apakah Breastpumps Dr. Brown's memiliki lebih dari satu ukuran breastcup?

Breastpump Dr. Brown's memiliki lubang nipple sebesar 18mm. Berdasarkan penelitian kepada 200 orang wanita, ukuran rata-rata nipple adalah 14mm, sehingga lubang nipple pada breastcup Dr. Brown's cukup untuk sebagaian besar wanita. Pada umumnya cara kerja breastpump dapat memperpanjang bahkan memperbesar ukuran nipple, namun dengan teknologi Dr. Brown's Breastpump nipple Anda akan tetap dalam ukuran yang sama. Dr. Brown's juga sedang mengadakan penelitian untuk mengembangkan breastcup dengan lubang nipple yang lebih besar untuk sebagian kecil wanita yang memiliki ukuran nipple yang lebih besar.

Bagaimana cara membersihkan Breastpump Dr. Brown's?

Kami merekomendasikan pencucian breastpump dengan tangan atau meletakan parts di rak bagian atas dishwasher atau sterilisasi dengan uap panas. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi youtube channel Dr.Brown's Indonesia.

Apakah semua parts breastpump Dr. Brown's BPA Free?

Ya. Semua parts breastpump Dr. Brown's BPA free, kantong ASI (breastmilk storage bag) dan botol penyimpanan ASI Dr. Brown's (breastmilk collection bottle) juga terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Apakah breastpumps Dr. Brown's memiliki garansi?

Dr. Brown's berkomitmen untuk membantu anda apabila mengalami kendala penggunaan hingga kerusakan produk. Hubungi customer care kami melalui customercare@drbrowns.id, tim kami akan segera membantu mengatasi kendala yang dihadapi.

Other Products

Apakah kantong ASI Dr. Brown's BPA Free?

Ya. Kantong ASI Dr. Brown's terbebas dari Bisphenol A (BPA Free).

Other Questions?
jika Anda memiliki pertanyaan lain atau membutuhkan bantuan lainnya, silahkan menghubungi kami melalui email berikut.