Lifestyle_No_Product_Mom_Baby_O16A6229

 

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi dengan Benar

 

Perut si Kecil sangat sensitif karena pencernaannya yang belum sempurna. Terkadang, perutnya bisa dipenuhi gas. Keadaan ini dapat membuat ia jadi rewel sepanjang hari. Moms tentu ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi yang benar agar si Kecil merasa nyaman dan tidak rewel lagi. Moms harus mengetahui lebih dulu penyebab dan gejala perut kembung pada si Kecil agar kondisi kembung dapat dicegah sejak dini.

Penyebab dan Gejala Perut Kembung pada si Kecil

Ada banyak penyebab kenapa perut si Kecil bisa kembung, di antaranya :

  • Minum susu dengan menggunakan botol susu tanpa vented system
  • Makan makanan padat untuk pertama kalinya
  • Mengisap empeng
  • Terlalu lama menangis sehingga banyak udara masuk ke perut

Selanjutnya, setelah udara terjebak dalam perut si Kecil, akan muncul gejala-gejala sebagai berikut.

  • Bersendawa
  • Rewel
  • Menangis
  • Perut terasa keras jika ditekan
  • Perut kembung

Jika si Kecil mulanya ceria dan hanya sedikit rewel saja saat perutnya kembung, maka Moms tidak perlu khawatir. Seiring bertambahnya usia, sistem pencernaan si Kecil akan membaik dan terbebas dari masalah perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada si Kecil

Untuk mengatasi perut kembung, Moms bisa mencoba mengecek posisi si Kecil ketika sedang menyusui. Entah itu menyusu dengan ASI secara langsung ataupun memakai botol, posisi kepalanya harus lebih tinggi daripada perutnya. Dengan begitu, susu bisa masuk ke dasar perut dan udara naik. Cara ini jarang dipraktikkan tetapi sering berhasil mengatasi perut kembung. Si Kecil akan mudah bersendawa apabila Moms mempraktikkan cara tersebut. Kalau pun si Kecil minum susu dengan menggunakan botol secara langsung, maka salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memiringkan ujung botolnya sedikit saja agar tidak akan ada gelembung udara pada puting botol susu. Sesudah si Kecil selesai meminum susu dari botolnya, buatlah dia bersendawa agar perutnya tidak kembung.

Moms bisa membantu si Kecil bersendawa dengan cara memposisikan si Kecil agar posisi kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Kemudian, usap punggungnya dan tunggu beberapa saat sampai si Kecil akan bersendawa dengan sendirinya. Setelah itu, pijatlah si Kecil dengan lembut. Caranya, posisikan si Kecil telentang, gerakkan kedua kakinya maju mundur secara bergantian. Gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Setelah itu, pijat bagian perutnya dengan lembut. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya pijatlah di ruangan yang hangat. Jadi, matikan kipas dan AC untuk sementara waktu namun biarkan si Kecil tetap memakai popoknya saat dipijat. Tips ini bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi terbaik agar si Kecil tidak rewel.

Selain itu, Moms juga dapat menggunakan botol susu yang fully vented sehingga dapat mengurangi resiko sedak, kembung, masuk angin, dan muntah yang sering terjadi pada bayi setelah menyusui.

Botol susu Dr. Brown's hadir dengan teknologi Internal Vent System yang terdapat di dalam botol. Bekerja secara unik memisahkan jalur udara dan cairan di dalam botol. Dengan begitu bayi dapat menyusui dengan nyaman karena cairan yang keluar dari botol merupakan 100% cairan tanpa tercampur udara.

Lifestyle_No_Product_Mom_and_Baby_O16A4893
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
Dr. Brown's Bottle Do's and Don'ts
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?