5 Jenis Ruam pada Bayi dan Penyebabnya

Ada banyak alasan kenapa bisa terjadi ruam pada bayi. Penyebabnya karena virus dan bakteri. Moms harus mengetahui jenis ruam, penyebab, dan solusi paling tepat untuk mengatasi macam-macam ruam pada bayi. Jika tidak segera diatasi, ruam-ruam tersebut dapat menyebabkan si Kecil rewel dan kesakitan.

Macam-macam Ruam pada Bayi

Berikut ini lima jenis ruam pada bayi dan cara mengatasinya :

  1. Jerawat – Ruam ini muncul saat si Kecil berusia 3-4 minggu, paling lama 1 bulan. Jerawat ini biasanya akan muncul di area hidung, pipi, dahi, leher dan dada. Jenis ruam ini tidak menular dan tidak akan membuat si Kecil merasa kesakitan. Jenis ruam ini terjadi karena hormon telah masuk ke plasenta dan merangsang kelenjar minyak.
  2. Flu Singapura atau HFMD – Jenis ruam ini akan muncul di area mulut, tangan, dan kaki bayi. Penyebab ruam HFMD adalah virus. Gejala ruam ini adalah demam dan perasaan sakit. Virus tersebut dapat menular dari kotoran. Untuk mencegah HFMD, Moms harus mencuci tangan sesudah mengganti popok si Kecil.
  3. Penyakit Lyme – Ruam ini bisa terjadi karena infeksi bakteri gigitan kutu yang ditularkan ke kulit dalam waktu 24-36 jam. Ruam karena lyme ini biasanya akan terlihat seperti lingkaran target dan akan muncul dari 1-2 minggu sesudah tergigit.
  4. Campak – Penyakit campak disebabkan oleh virus yang menyebar melalui udara. Gejala campak muncul sesudah 10 hari terkena kontak virus. Gejala yang muncul biasanya adalah demam tinggi hingga empat hari. Setelah itu, akan muncul ruam-ruam di seluruh tubuh.
  5. Eksim – Penyakit eksim bisa muncul karena alergi atau saat kulit yang sensitif teriritasi sabun cuci atau sabun mandi. Biasanya, kulit yang terkena eksim dalam kondisi kering. Eksim dapat menyebabkan gatal-gatal dan tidak menular.

 

Cara Mencegah Terjadinya Ruam pada Bayi

Untuk mencegah terjadinya ruam, sebaiknya jauhkan si Kecil dari semua penyebab iritasi. Jaga area yang terkena eksim supaya selalu lembap agar tidak terasa gatal. Mandikan si Kecil dengan menggunakan sabun pelembab. Oleskan krim eksim untuk mencegah ruam pada bayi.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019