pregnant-woman-lying-on-her-side

 

4 Tips Efektif Merawat Kandungan Hamil 13 Minggu

Saat Moms hamil 13 minggu, itu artinya Moms berada dalam trimester kedua kehamilan. Kondisi kandungan pada kehamilan trimester kedua sudah tidak serawan pada trimester pertama. Namun, Moms tetap harus berhati-hati saat beraktivitas. Sebagaimana kehamilan pada minggu-minggu sebelumnya, Moms akan mengalami perubahan fisik. Untuk menghadapi perubahan fisik berupa perkembangan janin dalam kandungan dan perubahan tubuh Moms, simak empat tips efektif merawat kandungan hamil 13 minggu berikut ini.

Perkembangan Janin

Janin berusia 13 minggu berukuran kira-kira 7 cm jika diukur dari kepala sampai dengan kaki. Berat janin 13 minggu sudah mencapai 30 gram. Plasenta janin sudah berkembang dengan fungsi maksimal sebagai pemasok oksigen, nutrisi, dan pengolah kotoran si Kecil. Plasenta juga menghasilkan hormon progesteron dan estrogen untuk membantu menjaga kehamilan Moms.

Pada usia 13 minggu, janin sudah memiliki beberapa organ tubuh seperti sepasang mata, sepasang telinga, dan jari-jemari. Jari si Kecil sudah memiliki sidik jari yang unik. Bahkan, jika Moms melakukan tes USG, Moms mungkin bisa melihat si Kecil memasukkan ibu jarinya ke dalam mulutnya. Seluruh organ reproduksinya juga sudah terbentuk. Namun, Moms belum bisa memastikan jenis kelaminnya pada usia janin 13 minggu ini.

Perubahan Tubuh

Moms mungkin akan merasakan sesak di bagian rusuk saat hamil 13 minggu. Rasa sesak ini disebabkan karena membesarnya rahim Moms. Selain bagian rusuk, Moms juga akan merasakan ketidaknyamanan di bagian perut.

 

Tips Perawatan Hamil 13 Minggu

Moms harus menjaga kehamilan Moms agar si Kecil dapat tumbuh dengan baik hingga saatnya melahirkan kelak. Simak beberapa tips perawatan ibu hamil 13 minggu yang penting dilakukan berikut ini:

  1. Makan dengan nutrisi seimbang

Agar si Kecil mendapatkan nutrisi cukup selama dalam kandungan, Moms harus tetap makan makanan bernutrisi. Konsumsi sayur, buah, dan protein agar tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan maksimal.

  1. Cukupi kebutuhan asam folat

Saat hamil usia 13 minggu, Moms harus mengonsumsi cukup asam folat. Dokter akan memberikan tablet asam folat yang harus diminum dan dihabiskan sesuai petunjuk. Fungsi asam folat adalah mencegah kecacatan janin.

  1. Cukupi kebutuhan vitamin dan zat besi

Ibu hamil membutuhkan thiamin atau vitamin B1 dan tablet penambah darah. Untuk mencegah terkena beri-beri, minumlah vitamin B1. Kegunaan vitamin B1 lainnya adalah untuk mengoptimalkan perkembangan saraf, otak, dan jantung janin. Sementara itu, Moms cukup meminum satu tablet penambah darah sekali sehari agar bisa terhindar dari anemia.

  1. Olahraga cukup

Moms tetap harus berolahraga untuk menjaga kebugaran Moms. Tidak seperti olahraga untuk wanita yang tidak hamil, olahraga untuk wanita hamil tidak boleh terlalu berat. Segera beristirahat saat Moms mulai merasakan pusing, sesak napas, dan kelelahan.

 

Itulah beberapa tips menarik menjaga kehamilan di usia 13 minggu. Jangan sampai Moms stres karena tidak bagus untuk keadaan emosional janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat.

Lifestyle_Options_Narrow_O16A1679
Apakah Semua Dot Botol Susu Sama?
Tips Menyendawakan Bayi
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?